Laman

Selasa, 10 Juli 2012

Hierarki Kebutuhan Maslow

Maslow membagi kebutuhan manusia menjadi lima tingkatan yang sering disebut "hierarki kebutuhan" yang digambarkan dengan piramida. Dalam piramida tersebut meliputi :

1. Kebutuhan Fisiologis
Yaitu kebutuhan manusia yang paling dasar yang berhubungan dengan fisik, misalnya makan, minum, tidur, seks, dsb. Jika kebutuhan dasar ini terpenuhi, maka manusia akan termotivasi lebih mudah mencapai kebutuhan selanjutnya.

2. Kebutuhan Rasa Aman
Rasa aman di bagi menjadi 2 yakni kebutuhan rasa aman akan batin dan kebutuhan rasa aman terhadap harta.

3. Cinta
Kebutuhan akan rasa cinta sudah termasuk dalam tahap kebutuhan secara psikologis, dimana setiap orang pasti membutuhkannya baik dari pasangan, keluarga, lingkungan sekitar, hingga dicintai oleh rekan kerja, dsb.


4. Penghargaan
Ketika ketiga tahapan tersebut sudah dilampaui, maka manusia akan butuh yang namanya penghargaan. Penghargaan atas apa yang dilakukannya, prestasinya, dsb. Minimal dia diakui keberadaannya oleh prang yang ada di sekitarnya.

5. Aktualisasi Diri
Ketika semua tahapan telah di lalui dengan baik, maka tahap terakhir atau puncak adalah tahap aktualisasi diri. Dimana setiap orang butuh dapat mewujudkan serta mengembangkan potensi yang dimilikinya.


Dari sini dapat kita pahami bahwa adanya kebutuhan akan membuat manusia termotivasi untuk memenuhi kebutuhannya tersebut. Dan adanya hierarki kebutuhan yang dirumuskan oleh Abraham Maslow mempermudah kita untuk memilah kebutuhan diri kita dan memotivasi kita untuk mencapai pemenuhan kebutuhan selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar